Minggu, 13 Agustus 2017

Resep Tahu Acar Sedap Khas Solo

Resep Tahu Acar Sedap Khas Solo - Tahu merupakan materi makanan yang sangat populer sekali , bersama dengan tempe , tahu kerap menjadi menu utama banyak sekali kuliner nusantara , baik di warung makan pinggir jalan maupun di restoran berbintang. Rasanya yang gurih dan kandungan nutrisi yang lengkap pada tahu dan tempe membuat keduanya sangat disukai oleh masyarakat semua kalangan , terlebih harganya yang sangat murah , sangat cocok bagi ibu rumah tangga yang berkantong pas-pasan.

Tahu sendiri dapat diolah menjadi banyak sekali olahan masakan. Namun yang akan kita bahas kali ini yaitu resep kuliner tahu acar khas Solo , kenapa khas solo , alasannya kuliner atau jajanan tersebut berasal dari kota solo. Jajanan ini sangat populer sekali di Solo , rasanya yang nikmat membuat jajanan ini banyak di gemari masyarakat terutama bagi kaum muda.

Untuk menikmati tahu acar khas solo anda tak perlu pergi jauh-jauh ke solo , anda mampu membuatnya sendiri dirumah. Untuk membuat jajanan tahu acar solo tidaklah sulit , jadi anda mampu mempraktekannya sendiri dirumah. Bagaimana resepnya , yuk kita simak resep membuat tahu acar khas solo.
Resep Tahu Acar Sedap Khas Solo
Resep Tahu Acar Sedap Khas Solo

Bahan-bahan tahu acar khas solo

- 3 buah tahu cina
- 1/4 kg tempe potong-potong
- 200 gram kol iris-iris
- 100 gram tauge sedu lalu tiriskan
- 150 gram tomat merah iris-iris tipis
- 1/4 kg mie kuning lembap seduh lalu tiriskan
- Minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu yang dihaluskan

- 5 siung bawang putih
- 3 pcs kemiri sangrai
- 3 sdm gula merah
- 1 sdt garam dapur
- 1/2 sdt merica

Bahan kuah

- 1000 cc air masak sampai mendidih
- 50 cc kecap manis
- 2 sdm bawang goreng
- 1 sdm cuka
- 1 sdm minyak goreng

Bahan untuk taburan

- 100 gram kacang tanah goreng 
- 2 sdm seledri cincang
- Acar mentimun Secukupnya
- Irisan cabe rawit secukupnya

Cara membuat tahu acar sedap khas solo

- Panaskan minyak , lalu masak tahu dan tempe yang telah di potong-potong sampai matang
- Untuk membuat kuahnya , tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum , lalu masukan air dan masak sampai mendidih , tambahkan juga kecap manis , bawnag goreng dan cuka
-  Cara menyajikannya , siapkan piring letakan mie kuning yang telah disedu , tahu , tempe , tambahkan irisan kol , tomat , tauge lalu siram dengan kuah yang telah mendirih
- Beikan taburan menyerupai kacang tanah goreng , seledri , acar mentimun dan irisan cabe rawit
- Tahu acar khas solo siap untuk disajikan

Demikianlah resep membuat tahu acar sedap khas solo. Kini anda tak perlu pergi ke solo untuk menikmati tahu acar khas solo , anda mampu membuatnya sendiri dirumah. Selamat mencoba , supaya resep diatas bermanfaat. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar