Sabtu, 12 Agustus 2017

Resep Membuat Tahu Bulat Kopong Khas Tasikmalaya

Resep Membuat Tahu Bulat Kopong Khas Tasikmalaya - Jajanan tahu bundar kopong ketika ini sedang ngetrens sekali semenjak banyaknya penjual tahu bundar kopong keliling perumahan dan kampung menggunakan kendaraan beroda empat kolam terbuka dengan bunyi yang unik. Ya meskipun tahu bundar kopong ketika ini sedang naik daun , bersama-sama jajanan tahun bundar kopong ini sudah ada semenjak dulu.

Tahu bundar dengan tekstur berongga atau kopong bab tengahnya ini memang banyak disukai masyarakat baik bawah umur maupun orang sampaumur , rasanya yang gurih serta dipadukan dengan cabe rawit atau saus tomat membuat pengecap tak mau berhenti untuk mengunyahnya. Tahu bundar kopong ini sangat cocok menjadi sahabat ketika nonton tv atau berkumpul dengan keluarga.

Berbicara wacana tahu bundar , tahukah anda kalau ternyata tahu bundar kopong ini berasal dari Tasikmalaya. Kelezatannya ini membuat tahu pong bundar ini dikenal diseluruh nusantara. Nah bagi anda yang penasaran bagaimana cara membuat tahu bundar tersebut sehingga tengahnya mampu berongga atau kopong , hening kali ini cemilan rakyat akan menawarkan resepnya. Berikut resep membuat tahu bundar kopong khas Tasikmalaya.
Resep Membuat Tahu Bulat Kopong Khas Tasikmalaya
Resep Membuat Tahu Bulat Kopong Khas Tasikmalaya

Bahan-bahan tahu bundar kopong

- 10 buah tahu putih
- 3 siung bawang putih haluskan
- 1 sdm kaldu bubuk
- 1/2 sdt baking powder
- Garam secukupnya
- Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat tahu bundar kopong

- Langkah pertama adalah anda haluskan tahu dengan cara di ulek
- Setelah tahu hancur dan lembut anda peras menggunakan kain sampai benar-benar kering tak ada airnya
- Campurkan bawang putih halus , kaldu debu , baking powder dan garam , aduk sampai benar-benar rata
- Bentuk adonan bulat-bulat ibarat bola kecil
- Masukan adonan yang telah terbentu ke dalam kulkas selama kurang lebih 2 jam biar baking powder bekerja secara maksimal ketika membuatkan tahu
- Setelah itu goreng tahu dengan minyak panas api kecil sampai berubah warna dan matang
- Tahu bundar siap disajikan , sajikan bersama cabe rawit atau saus tomat


Demikianlah resep membuat tahu bundar kopong khas Tasikmalaya. Bagaimana mudah sekali bukan untuk membuatnya. Selamat mencoba semoga resep diatas bermanfaat. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar